Minggu, Maret 08, 2009

Gus Solah Menolak Dikaitkan Dukung Ahmadiyah


Adik Gus Dur, Solahuddin Wahid menolak dikaitkan seolah-olah mendukung kelompok Aliansi Masyarakat Madani yang mendukung Ahmadiyah. "Saya tidak mendukung pernyataan sikap itu, " ujarnya

Jum'at, 22 Juli 2005

Ir. Solahuddin Wahid: "Enggak Benar Kalau Saya Mendukung"

Hidayatullah.com--Adik kandung Gus Dur, Ir. Solahuddin Wahid menolak dikaitkan dengan peryataan sejumlah orang bernama Aliansi Masyarakat Madani (AMM) yang meminta MUI mencabut fatwa sesat Ahmadiyah sebagaimana dimuat dalam detik.com, Jum'at (22/7).

Dalam wawancara singkatnya dengan hidayatullah.com Gus Solah, demikian adik kandung Gus Dur itu akrab di sapa justru tak tau-menahu jika namanya dikaitkan seolah-olah mendukung Ahmadiyah. "Saya tidak mendukung pernyataan sikap itu, " ujarnya. Inilah wawancaranya:

Nama Anda tercantum dalam pernyataan sikap yang dikeluarkan Aliansi Masyarakat Madani, apa tanggapan Anda?

Enggak betul itu! Saya memang datang rapat 2 hari yang lalu, tapi ketika membahas poin yang itu (menuntut pencabutan fatwa MUI ttg kesesatan Ahmadiyah-red) saya tidak setuju. Saya usulkan point itu kita dialog lah, mendesak MUI untuk mengadakan dialog dengan melibatkan ormas-ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Persis, dan lain-lain, termasuk AMM gitu kan.

Kita diskusikan, bagaimana kelanjutannya ya kita lihat nanti. Saya bukan ahli agama, sehingga saya bukan pada posisi untuk dapat membenahi pendapat majelis ulama yang menurut saya lebih mempunyai kelengkapan ilmu daripada saya.

Tanggapan Anda sendiri tentang pernyataan itu bagaimana?

Saya enggak setuju. Jadi itu kan diskusi, pada waktu itu saya bilang saya tidak setuju dengan poin ini. Pada waktu itu saya usulkan untuk lebih menekan diskusi atau mendorong dialog MUI dengan ormas-ormas Islam, termasuk mungkin dengan Ahmadiyah. Pokoknya kita diskusi lah…

Tetapi kenyataannya nama Anda tercantum dalam pernyataan itu?

Enggak, saya tidak mendukung pernyataan sikap itu.

Apa tanggapan Anda terhadap pencantuman nama Anda itu?

Yaa...enggak benar! Ketika diskusi kemarin itu saya tegas menolak. Saat itu cuma saya yang menolak.

Apakah Anda tergabung dengan kelompok yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Madani itu?

Kemaren itu saya diundang untuk diskusi tentang itu, yaaa...saya datang lah. Saya juga enggak tahu kapan Aliansi Masyarakat Madani itu dibentuk.* (Lutfi Efendi/hidayatullah.com).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Jadwal sholat